Para Ulama Memerangi Ibnu Taimiyah
By. Syahamah
Ibnu Taimiyah (w
728 H) adalah sosok kontroversial yang segala kesesatannya telah dibantah oleh
berbagai lapisan ulama dari empat madzhab; ulama madzhab Syafi’i, ulama madzhab
Hanafi, ulama madzhab Maliki, dan oleh para ulama madzhab Hanbali.
Bantahan-bantahan tersebut datang dari mereka yang hidup semasa dengan Ibnu
Taimiyah sendiri maupun dari mereka yang datang setelahnya. Berikut ini adalah
di antara para ulama tersebut dengan beberapa karyanya masing-masing[1]:
1.
Al-Qâdlî al-Mufassir Badruddin Muhammad ibn Ibrahim ibn Jama’ah asy-Syafi’i
(w 733 H).
2.
Al-Qâdlî Ibn Muhammad al-Hariri al-Anshari al-Hanafi.
3.
Al-Qâdlî Muhammad ibn Abi Bakr al-Maliki.
4.
Al-Qâdlî Ahmad ibn Umar al-Maqdisi al-Hanbali. Ibnu Taimiyah di masa hidupnya
dipenjarakan karena kesesatannya hingga meninggal di dalam penjara dengan
rekomedasi fatwa dari para hakim ulama empat madzhab ini, yaitu pada tahun 726
H. Lihat peristiwa ini dalam kitab ‘Uyûn at-Tawârikh karya al-Imâm
al-Kutubi, dan dalam kitab Najm al-Muhtadî Fî Rajm al-Mu’tadî karya al-Imâm
Ibn al-Mu’allim al-Qurasyi.
5.
Asy-Syaikh Shaleh ibn Abdillah al-Batha-ihi, Syaikh al-Munaibi’ ar-Rifa’i. salah
seorang ulama terkemuka yang telah menetap di Damaskus (w 707 H).
6.
Asy-Syaikh Kamaluddin Muhammad ibn Abi al-Hasan Ali as-Sarraj ar-Rifa’i al-Qurasyi
asy-Syafi’i. salah seorang ulama terkemuka yang hidup semasa dengan Ibnu
Taimiyah sendiri.
·
Tuffâh al-Arwâh Wa Fattâh al-Arbâh
7.
Ahli Fiqih dan ahli teologi serta ahli tasawwuf
terkemuka di masanya; asy-Syaikh Tajuddin Ahmad ibn ibn Athaillah
al-Iskandari asy-Syadzili (w 709 H).
8.
Pimpinan para hakim (Qâdlî al-Qudlât) di seluruh
wilayah negara Mesir; asy-Syaikh Ahmad ibn Ibrahim as-Suruji al-Hanafi
(w 710 H).
·
I’tirâdlât ‘Alâ Ibnu Taimiyah Fi ‘Ilm al-Kalâm.
9.
Pimpinan para hakim madzhab Maliki di seluruh wilayah
negara Mesir pada masanya; asy-Syaikh Ali ibn Makhluf (w 718 H). Di
antara pernyataannya sebagai berikut: “Ibnu Taimiyah adalah orang yang
berkeyakinan tajsîm, dan dalam keyakinan kita barangsiapa berkeyakinan
semacam ini maka ia telah menjadi kafir yang wajib dibunuh”.
10.
Asy-Syaikh al-Faqîh Ali ibn Ya’qub al-Bakri (w 724 H). Ketika suatu waktu Ibnu
Taimiyah masuk wilayah Mesir, asy-Syaikh Ali ibn Ya’qub ini adalah salah
seorang ulama terkemuka yang menentang dan memerangi berbagai paham sesatnya.
11.
Al-Faqîh Syamsuddin Muhammad ibn Adlan asy-Syafi’i (w 749 H). Salah seorang ulama
terkemuka yang hidup semasa dengan Ibnu Taimiyah yang telah mengutip langsung
bahwa di antara kesesatan Ibnu Taimiyah mengatakan bahwa Allah berada di atas
arsy, dan secara hakekat Dia berada dan bertempat di atasnya, juga mengatakan
bahwa sifat Kalam Allah berupa huruf dan suara.
12.
Al-Imâm al-Hâfizh al-Mujtahid Taqiyuddin Ali ibn Abd al-Kafi
as-Subki (w 756 H).
·
al-I’tibâr Bi Baqâ’ al-Jannah Wa an-Nâr.
·
ad-Durrah al-Mudliyyah Fî ar-Radd ‘Alâ Ibnu Taimiyah.
·
Syifâ’ as-Saqâm Fî Ziyârah Khair al-Anâm
·
an-Nazhar al-Muhaqqaq Fi al-Halaf Bi
ath-Thalâq al-Mu’allaq.
·
Naqd al-Ijtimâ’ Wa al-Iftirâq Fî Masâ-il al-Aymân Wa
ath-Thalâq.
·
at-Tahqîq Fî Mas-alah at-Ta’lîq.
·
Raf’u asy-Syiqâq Fî Mas’alah ath-Thalâq.
13.
Al-Muhaddits al-Mufassir al-Ushûly al-Faqîh Muhammad ibn Umar ibn Makki yang dikenal
dengan sebutan Ibn al-Murahhil asy-Syafi’i (w 716 H). Di masa hidupnya ulama
besar ini telah berdebat dan memerangi Ibnu Taimiyah.
14.
Al-Imâm al-Hâfizh Abu Sa’id Shalahuddin al-‘Ala-i (w 761 H). Imam
terkemuka ini mencela dan telah memerangi Ibnu Taimiyah. Lihat kitab Dakhâ-ir
al-Qashr Fî Tarâjum Nubalâ’ al-‘Ashr karya Ibn Thulun pada halaman 32-33.
· Ahâdîts
Ziyârah Qabr an-Naby.
15.
Pimpinan para hakim (Qâdlî al-Qudlât) kota Madinah
al-Imâm Abu Abdillah Muhammad ibn Musallam ibn Malik ash-Shalihi
al-Hanbali (w 726 H).
16.
Al-Imâm asy-Syaikh Ahmad ibn Yahya al-Kullabi al-Halabi yang dikenal dengan
sebutan Ibn Jahbal (w 733 H), semasa dengan Ibnu Taimiyah sendiri.
·
Risâlah Fî Nafyi al-Jihah.
17.
Al-Qâdlî Kamaluddin ibn az-Zamlakani (w 727 H). Ulama besar yang semasa dengan Ibnu
Taimiyah ini telah memerangi seluruh kesesatan Ibnu Taimiyah, hingga beliau
menuliskan dua risalah untuk itu. Pertama dalam masalah talaq, dan kedua dalam
masalah ziarah ke makam Rasulullah.
18.
Al-Qâdlî Shafiyuddin al-Hindi (w 715 H), semasa dengan Ibnu Taimiyah sendiri.
19.
Al-Faqîh al-Muhaddits Ali ibn Muhammad al-Baji asy-Syafi’i (w 714 H). Telah
memerangi Ibnu Taimiyah dalam empat belas keyakinan sesatnya, dan telah
mengalahkan serta menundukannya.
20.
Sejarawan terkemuka (al-Mu-arrikh) al-Faqîh
al-Mutakallim al-Fakhr ibn Mu’allim al-Qurasyi (w 725 H).
·
Najm al-Muhtadî Wa Rajm al-Mu’tadî
21.
Al-Faqîh Muhammad ibn Ali ibn Ali al-Mazini ad-Dahhan ad-Damasyqi (w 721 H).
·
Risâlah Fî ar-Radd ‘Alâ Ibnu Taimiyah Fî Mas-alah
ath-Thalâq
· Risâlah Fî
ar-Radd ‘Alâ Ibnu Taimiyah Fî Mas-alah az-Ziayârah
22. Al-Faqîh Abu al-Qasim Ahmad ibn Muhammad ibn
Muhammad asy-Syirazi (w 733 H).
· Risâlah Fi
ar-Radd ‘Alâ Ibnu Taimiyah
23. Al-Faqîh al-Muhaddits Jalaluddin al-Qazwini asy-Syafi’i (w
739 H).
24. As-Sulthan
Ibn Qalawun (w 741 H). Beliau adalah Sultan kaum Muslimin saat itu, telah
menuliskan surat
resmi prihal kesesatan Ibnu Taimiyah.
25. Al-Hâfizh
adz-Dzahabi (w 748 H) yang merupakan murid Ibnu Taimiyah sendiri.
·
Bayân
Zaghl al-‘Ilm Wa ath-Thalab.
·
an-Nashîhah adz-Dzahabiyyah.
26. Al-Mufassir Abu Hayyan al-Andalusi (745 H).
·
Tafsîr an-Nahr al-Mâdd Min al-Bahr al-Muhîth
27. Asy-Syaikh Afifuddin Abdullah ibn As’ad al-Yafi’i al-Yamani
al-Makki (w 768 H).
28. Al-Faqîh asy-Syaikh Ibn Bathuthah, salah seorang ulama
terkemuka yang telah banyak melakukan rihlah (perjalanan).
29. Al-Faqîh Tajuddin Abd al-Wahhab ibn Taqiyuddin Ali ibn Abd
al-Kafi as-Subki (w 771 H).
·
Thabaqât asy-Syâfi’iyyah al-Kubrâ
30. Seorang ulama ahli
sejarah terkemuka (al-Mu-arrikh) asy-Syaikh Ibn Syakir al-Kutubi
(w 764 H).
·
‘Uyûn at-Tawârikh.
31. Asy-Syaikh Umar ibn Abi al-Yaman al-Lakhmi
al-Fakihi al-Maliki (w 734 H).
·
at-Tuhfah al-Mukhtârah Fî ar-Radd ‘Alâ Munkir
az-Ziyârah
32. Al-Qâdlî Muhammad as-Sa’di al-Mishri
al-Akhna’i (w 750 H).
·
al-Maqâlât al-Mardliyyah Fî ar-Radd ‘Alâ Man Yunkir
az-Ziyârah al-Muhammadiyyah, dicetak satu kitab dengan al-Barâhîn as-Sâthi’ah
karya asy-Syaikh Salamah al-Azami.
33. Asy-Syaikh Isa az-Zawawi al-Maliki (w 743 H).
·
Risâlah
Fî Mas-alah ath-Thalâq.
34. Asy-Syaikh Ahamad ibn Utsman at-Turkimani
al-Jauzajani al-Hanafi (w 744 H).
· al-Abhâts
al-Jaliyyah Fî ar-Radd ‘Alâ Ibnu Taimiyah.
35. Al-Imâm al-Hâfizh Abd ar-Rahman ibn Ahmad yang
dikenal dengan Ibn Rajab al-Hanbali (w 795 H).
· Bayân
Musykil al-Ahâdîts al-Wâridah Fî Anna ath-Thalâq ats-Tsalâts Wâhidah.
36. Al-Imâm al-Hâfizh Ibn Hajar
al-Asqalani (w 852 H).
· ad-Durar
al-Kâminah Fî A’yân al-Mi-ah ats-Tsâminah.
· Lisân al-Mizân.
· Fath
al-Bâri Syarh Shahîh al-Bukhâri.
· al-Isyârah
Bi Thuruq Hadîts az-Ziyârah.
37. Al-Imâm al-Hâfizh Waliyuddin
al-Iraqi (w 826 H).
· al-Ajwibah
al-Mardliyyah Fî ar-Radd ‘Alâ al-As-ilah al-Makkiyyah.
38. Al-Faqîh al-Mu-arrikh al-Imâm
Ibn Qadli Syubhah asy-Syafi’i (w 851 H).
· Târîkh Ibn Qâdlî Syubhah.
39. Al-Faqîh al-Mutakallim Abu Bakar
al-Hushni penulis kitab Kifâyah al-Akhyâr (829 H).
·
Daf’u Syubah Man Syabbah Wa Tamarrad Wa Nasaba Dzâlika
Ilâ al-Imâm Ahmad.
40.
Salah seorang ulama terkemuka di daratan Afrika pada
masanya; asy-Syaikh Abu Abdillah ibn Arafah at-Tunisi al-Maliki (w 803
H).
41.
Al-‘Allâmah Ala’uddin al-Bukhari al-Hanafi (w 841 H). Beliau
mengatakn bahwa Ibnu Taimiyah adalah seorang yang kafir. Beliau juga
mengkafirkan orang yang menyebut Ibnu Taimiyah dengan Syaikh al-Islâm
jika orang tersebut telah mengetahui kekufuran-kekufuran Ibnu Taimiyah.
Pernyataan al-’Allâmah Ala’uddin al-Bukhari ini dikutip oleh al-Imâm
al-Hâfizh as-Sakhawi dalam kitab adl-Dlau’ al-Lâmi’.
42.
Asy-Syaikh Muhammad ibn Ahmad Hamiduddin al-Farghani ad-Damasyqi al-Hanafi (w 867 H).
·
ar-Radd ‘Alâ Ibnu Taimiyah Fi al-I’tiqâdât.
43.
Asy-Syaikh Ahamd Zauruq al-Fasi al-Maliki (w 899 H).
·
Syarh Hizb al-Bahr.
44.
Al-Imâm al-Hâfizh as-Sakhawi (902 H)
·
al-I’lân Bi at-Taubikh Liman Dzamma at-Târîkh.
45. Asy-Syaikh Ahmad ibn Muhammad yang dikenal
dengan Ibn Abd as-Salam al-Mishri (w 931 H)
·
al-Qaul an-Nâshir Fî Radd Khabbath ‘Ali Ibn Nâshir.
46. Al-‘Allâmah asy-Syaikh Ahmad ibn
Muhammad al-Khawarizmi ad-Damasyqi yang dikenal dengan Ibn Qira (w 968 H).
47. Al-Imâm al-Qâdlî al-Bayyadli al-Hanafi
(1098 H)
· Isyârât
al-Marâm Min ‘Ibârât al-Imâm.
48. Asy-Syaikh al-‘Allâmah Ahmad ibn
Muhammad al-Witri (w 980 H)
· Raudlah
an-Nâzhirîn Wa Khulâshah Manâqib ash-Shâlihîn.
49. Al-Faqîh al-’Allâmah asy-Syaikh
Ibn Hajar al-Haitami (w 974 H).
· al-Fatâwâ al-Hadîtsiyyah.
·
al-jawhar al-Munazh-zham Fî Ziyârah al-Qabr al-Mu’azham.
·
Hâsyihah al-Idlâh Fî Manâsik al-Hajj Wa al-‘Umrah.
50. Asy-Syaikh Jalaluddin ad-Dawani (w 928 H).
· Syarh
al-‘Aqâ-id al-Adludiyyah.
51. Asy-Syaikh Abd an-Nafi ibn Muhammad ibn Ali
ibn Iraq ad-Damasyqi (w 962 H). Lihat kitab Dakhâ-ir al-Qashr Fî Tarâjum
Nubalâ’ al-Ashr karya Ibn Thulun pada halaman 32-33.
52. Asy-Syaikhal-Qâdlî Abu Abdillah al-Maqarri.
· Nazhm
al-La-âlî Fî Sulûk al-Âmâlî.
53. Asy-Syaikh Mulla Ali al-Qari al-Hanafi (w 1014
H)
· Syarh
asy-Syifâ Bi Ta’rif Huqûq al-Musthafâ Li al-Qâdlî ‘Iyâdl.
54. Al-Imâm asy-Syaikh Abd ar-Ra’uf
al-Munawi asy-Syafi’i (w 1031 H).
· Syarh
asy-Syamâ’il al-Muhammadiyyah Li at-Tirmidzi.
55. Asy-Syaikh al-Muhaddits Muhammad
ibn Ali ibn Allan ash-Shiddiqi al-Makki (w 1057 H).
· aL-Mubrid
al-Mubki Fî Radd ash-Shârim al-Manki.
56. Asy-Syaikh Ahmad al-Khafaji al-Mishri
al-Hanafi (w 1069 H).
· Syarh
asy-Syifâ Bi Ta’rîf Huqûq al-Musthafâ Li al-Qâdlî ‘Iyâdl.
57. Al-Mu-arrikh asy-Syaikh Ahmad Abu
al-Abbas al-Maqarri (w 1041 H).
·
Azhar
ar-Riyâdl.
58.
Asy-Syaikh Muhammad az-Zarqani al-Maliki (w 1122 H)
· Syarh
al-Mawâhib al-Ladunniyyah.
59. Asy-Syaikh Abd al-Ghani an-Nabulsi ad-Damasyqi
(1143 H). Beliau banyak menyerang Ibnu Taimiyah dalam berbagai karyanya.
60. Al-Faqîh ash-Shûfi asy-Syaikh
Muhammad Mahdi ibn Ali ash-Shayyadi yang dikenal dengan nama ar-Rawwas (w 1287
H).
61. Asy-Syaikh Idris ibn Ahmad al-Wizani al-Fasi
al-Maliki.
·
an-Nasyr
ath-Thayyib ‘Alâ Syarh asy-Syaikh ath-Thayyib.
62.
Asy-Syaikh as-Sayyid Muhammad Abu al-Huda ash-Shayyadi (w 1328 H).
·
Qilâdah
al-Jawâhir.
63.
Asy-Syaikh Musthafa ibn asy-Syaikh Ahmad ibn Hasan asy-Syathi
ad-Damasyqi al-Hanbali, hakim Islam wilayah Duma, hidup sekitar tahun 1331 H.
·
Risâlah
Fî ar-Radd ‘Alâ al-Wahhâbiyyah.
64.
Asy-Syaikh Musthafa ibn Ahmad asy-Syathi al-Hanbali ad-Damasyqi (w 1348
H).
·
an-Nuqûl
asy-Syar’iyyah.
65.
Asy-Syaikh Mahmud Khaththab as-Subki (w 1352 H).
·
ad-Dîn al-Khâlish Aw Irsyâd al-Khlaq Ilâ Dîn al-Haq.
66. Mufti kota Madinah asy-Syaikh al-Muhaddits
Muhammad al-Khadlir asy-Syinqithi (w 1353 H).
·
Luzûm ath-Thalâq ats-Tsalâts Daf’ah Bimâ La Yastahî’
al-Âlim Daf’ah.
67. Asy-Syaikh Abd al-Qadir ibn Muhammad Salim
al-Kailani al-Iskandarani (w 1362 H).
·
an-Naf-hah az-Zakiyyah Fî ar-Radd ‘Alâ
al-Wahhâbiyyah.
·
al-Hujjah al-Mardliyyah Fî Itsbât al-Wâsithah
al-Latî Nafathâ al-Wahhâbiyyah.
68. Asy-Syaikh Ahmad Hamdi ash-Shabuni al-Halabi
(w 1374 H).
·
Risâlah Fî ar-Radd ‘Alâ al-Wahhâbiyyah.
69.
Asy-Syaikh Salamah al-Azami asy-Syafi’i (w 1376 H)
·
al-Barâhîn
as-Sâth’iah Fî Radd Ba’dl al-Bida’ asy-Syâ-i’ah.
· Berbagai makalah
dalam surat kabar al-Muslim Mesir.
70. Mufti negara Mesir asy-Syaikh Muhammad Bakhit
al-Muthi’i (w 1354 H).
· Tath-hîr al-Fu’âd Min Danas al-‘I’tiqâd.
71. Wakil para Masyâyikh Islam pada masa Khilafah
Utsmaniyyah Turki asy-Syaikh al-Muhaddits Muhammad Zahid
al-Kautsari (1371 H).
·
Kitâb al-Maqâlât al-Kautsari.
·
at-Ta’aqqub al-Hatsîts Limâ Yanfîhi Ibnu Taimiyah
Min al-Hadîts.
·
al-Buhûts al-Wafiyyah Fî Mufradât Ibnu Taimiyah.
·
al-Isyfâq ‘Alâ Ahkâm ath-Thalâq.
72. Asy-Syaikh Ibrahim ibn Utsman as-Samnudi al-Mishri, salah seorang
ulama yang hidup di masa sekarang.
·
Nushrah al-Imâm as-Subki Bi Radd ash-Shârim al-Manki.
73. Ulama terkemuka di kota Mekah asy-Syaikh
Muhammad al-Arabi at-Tabban (w 1390 H).
·
Barâ-ah al-Asy’ariyyîn Min ‘Aqâ-id al-Mukhâlifîn.
74. Asy-Syaikh Muhammad Yusuf al-Banuri
al-Bakistani.
·
Ma’ârif
as-Sunan Syarh Sunan at-Tirmidzi.
75.
Asy-Syaikh Manshur Muhammad Uwais, salah seorang ulama yang masih hidup di
masa sekarang.
·
Ibnu
Taimiyah Laysa Salafiyyan.
76.
Al-Hâfizh asy-Syaikh Ahmad ibn ash-Shiddiq al-Ghumari
al-Maghribi (w 1380 H).
·
Hidâyah
ash-Shughrâ’.
·
al-Qaul
al-Jaliyy.
77.
Asy-Syaikh al-Musnid al-Habîb Abu al-Asybal Salim ibn Husain
ibn Jindan, salah seorang ulama terkemuka di Indonesia (w 1389 H)
·
al-Khulâshah al-Kâfiyah Fî al-Asânid al-‘Âliyah.
78. Asy-Syaikh al-Muhaddits Abdullah
al-Ghumari al-Maghribi (w 1413 H).
·
Itqân ash-Shun’ah Fî Tahqîq Ma’nâ al-Bid’ah.
·
ash-Shubh as-Sâfir Fî Tahqîq Shalât
al-Musâfir.
·
ar-Rasâ’il al-Ghumâriyyah.
·
Dan berbagai tulisan beliau lainnya.
79. Asy-Syaikh Hamdullah al-Barajuri, salah
seorang ulama terkemuka di Saharnafur India.
·
al-Bashâ-ir Li Munkirî at-Tawassul Bi Ahl al-Qubûr.
80. Asy-Syaikh Abu Saif al-Hamami secara terang
telah mengkafirkan Ibnu Taimiyah dalam karyanya berjudul Ghauts al-‘Ibâd Bi
Bayân ar-Rasyâd. Beliau adalah salah seorang ulama besar dan terkemuka di
wilayah Mesir. Kitab karyanya ini telah direkomendasikan oleh para masyaikh
Azhar dan ulama besar lainnya, yaitu oleh Syaikh Muhammad Sa’id al-Arfi, asy-Syaikh
Yusuf ad-Dajwi, asy-Syaikh Mahmud Abu Daqiqah, Asy-Syaikh
Muhammad al-Bujairi, asy-Syaikh Muhammad Abd al-Fattah Itani, asy-Syaikh
Habibullah al-Jakni asy-Syinqithi, asy-Syaikh Dasuqi Abdullah al-Arabi,
dan asy-Syaikh Muhammad Hafni Bilal.
81. Asy-Syaikh Muhammad ibn Isa ibn Badran
as-Sa’di al-Mishri.
82. As-Sayyid asy-Syaikh al-Faqîh
Alawi ibn Thahir al-Haddad al-Hadlrami.
83. Asy-Syaikh Mukhtar ibn Ahmad al-Mu’ayyad
al-Azhami (w 1340 H).
·
Jalâ’ al-Awhâm ‘An Madzhab al-A-immah al-‘Izhâm Wa
at-Tawassul Bi Jâh Khayr al-Anâm -‘Alaih ash-Shalât Wa as-Salâm-. Kitab ini berisi bantahan atas kitab karya Ibnu Taimiyah
berjudul Raf’u al-Malâm.
84. Asy-Syaikh Isma’il al-Azhari.
·
Mir’âh
an-Najdiyyah.
85.
KH. Ihsan ibn Muhammad Dahlan Jampes Kediri, salah seorang ulama terkemuka Indonesia yang cukup produktif
menulis berbagai karya yang sangat berharga.
·
Sirâj
ath-Thâlibîn ‘Alâ Minhâj al-‘Âbidîn Ilâ Jannah Rabb al-‘Âlamîn.
86.
KH. Hasyim Asy’ari Tebu Ireng Jombang. Salah seorang ulama terkemuka Indonesia ,
perintis ormas Islam Jam’iyyah Nahdlatul Ulama (NU). Beliau merintis ormas ini
tidak lain hanya untuk membentengi kaum Ahlussunnah Indonesia dari paham-paham Ibnu
Taimiyah yang telah diusung oleh kaum Wahhabiyyah.
·
‘Aqîdah
Ahl as-Sunnah Wa al-Jamâ’ah.
87. KH. Sirajuddin Abbas, salah seorang ulama terkemuka Indonesia.
·
I’tiqad
Ahl as-sunnah Wa al-Jama’ah.
·
Empat
Puluh Masalah Agama
88.
KH. Ali Ma’shum Yogyakarta (w 1410 H), salah seorang ulama terkemuka Indonesia .
·
Hujjah
Ahl as-Sunnah Wa al-Jamâ’ah.
89.
KH. Ahmad Abd al-Halim Kendal, salah seorang ulama besar Indonesia .
·
Aqâ-id
Ahl as-Sunnah Wa al-Jamâ’ah.
Ditulis tahun 1311 H
90.
KH. Bafadlal ibn asy-Syaikh Abd asy-Syakur as-Sinauri Tuban. Salah
seorang ulama terkemuka Indonesia
yang cukup produktif menulis berbagai karya yang sangat berharga.
·
Risâlah
al-Kawâkib al-Lammâ’ah Fî Tahqîq al-Musammâ Bi Ahl as-Sunnah.
·
Syarh
Risâlah al-Kawâkib al-Lammâ’ah Fî Tahqîq al-Musammâ Bi Ahl as-Sunnah.
·
Al-‘Iqd al-Farîd Bi Syarh Jawharah at-Tauhîd
91. Tuan Guru Zainuddin ibn Abd al-Majîd Pancor
Lombok Nusa Tenggara Barat.
·
Hizb Nahdlah al-Wathan
92. KH. Muhammad Syafi’i Hadzami ibn Muhammad Saleh
Ra’idi, salah seorang ulama betawi, pernah menjabat ketua Majelis Ulama
Indonesia (MUI) Propinsi DKI Jakarta (1990-2000).
·
Taudlîh al-Adillah.
93. KH. Ahmad Makki Abdullah Mahfuzh Sukabumi Jawa Barat.
·
Hishn
as-Sunnah Wa al-Jama’âh
[1] Untuk
lebih konperehensif silahkan baca al-Maqâlat as-Sunniyyah Fi Kasyf Dlalâlât
Ahmad Ibn Taimiyah karya al-Imâm al-Hâfizh
Abdullah al-Habasyi.
Komentar
Posting Komentar